Selasa, 09 Juni 2020

5 Cara Dan Tips Menghilangkan Perasaan Menyalahkan Diri Sendiri

Menyalahkan diri sendiri gak pernah akan ada habisnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Entah karena kamu yang terlalu mengambil tanggung jawab. Atau karena self-love yang terlalu rendah. Apapun alasan yang jadi penyebabnya, selalu menyalahkan diri sendiri tidak akan menyelesaikan permasalahan apapun. Yang ada, itu semua hanya akan membuat dirimu semakin terpuruk.

Bukan manfaat yang kamu dapat, justru kemunduran dan kegagalan lah yang akan mengintaimu di masa depan. Lalu, bagaimana cara agar bisa terlepas dari kebiasaan menyalahkan diri sendiri ini? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba dari sekarang.

1. Lebih rileks dalam menjalani hidup

Ketegangan dan idealisme yang terlalu tinggi biasanya akan membuat kamu berada dalam tekanan. Makanya, diperlukan sedikit perasaan rileks dan sesekali keinginan untuk menikmati hidup. Agar, kamu gak melulu dengan mudahnya menyalahkan diri sendiri. Jangan langsung murung dan meratapi kesalahan begitu sesuatu terjadi di luar kendali. Sadarilah bahwa kamu gak bisa meng-handle segala hal dalam satu waktu.

2. Setiap kali sesuatu terjadi di luar kendali, jangan mencari siapa yang salah

Mencari kambing hitam memang sering kita lakukan. Baik itu orang lain, keadaan, situasi, atau bahkan diri sendiri. Sebenarnya, keinginan untuk mencari siapa yang salah atas suatu kejadian yang buruk, boleh dilakukan. Selama ada evaluasi dan masukan yang membangun setelahnya. Namun, jika keinginan untuk menyalahkan ini muncul begitu saja tanpa disertai solusi, lebih baik kebiasaan ini dikurangi, guys.

3. Fokuslah pada bagaimana mengatasi situasi tersebut

Alih-alih mencari siapa yang salah, fokuslah pada bagaimana penanganan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mencari kambing hitam gak akan membuat keadaan membaik. Tapi, mencari pemecahan tentu akan menghasilkan sesuatu yang berguna dan memberi manfaat.

Biasakanlah untuk gak larut dalam penyesalan setiap kali kamu melakukan kesalahan. Tanamkan dalam dirimu bahwa segala hal terjadi demi kebaikanmu juga nantinya. Jadikan hal itu sebagai bahan renungan dan perbaiki diri dengan lebih bersungguh-sungguh.

4. Miliki self-love dan self-awareness yang tinggi

Kebiasaan menyalahkan diri sendiri bukanlah sesuatu yang akan kamu lakukan jika kamu mampu mengenali dan mencintai diri sendiri. Kamu akan tahu betapa berharganya setiap waktu yang kamu miliki dan betapa tidak pantasnya semua itu kamu sia-siakan begitu saja untuk merutuki diri sendiri. Self-love dan self-awareness yang sudah tertanam dalam diri akan dengan mudah mengarahkan semua energi negatif tersebut menjadi hal yang lebih bermanfaat. Yuk tanamkan dua hal itu dalam diri mulai sekarang ya.

5. Tidak membiarkan faktor eksternal mempengaruhi pikiranmu

Omongan nyinyir dan komentar negatif orang lain merupakan salah satu yang harus diabaikan dalam situasi seperti ini. Selain gak memberi manfaat apapun, kamu juga hanya akan merasa semakin terpuruk. Sehingga, perasaan untuk menyalahkan diri sendiri akan semakin kuat.

Kalau sudah begini, yang harus kamu lakukan adalah menyaring omongan tidak penting, namun tetap terbuka pada saran dan masukan yang membangun. Setiap kali keinginan untuk menyalahkan diri sendiri ini muncul, kamu harus berpikiran terbuka dan betul-betul menyadari bahwa hal itu tidak ada gunanya. Cobalah untuk menanamkan kelima hal tadi dan mempraktikkannya sehari-hari.