Rabu, 15 Juli 2020

5 Cara Supaya Tepung Panir Menempel Sempurna Ketika Dimasak

Siapa yang suka memasak ebi furai atau aneka makanan lain yang menggunakan lapisan tepung panir? Kalau kamu termasuk di dalamnya, biasanya ada nih keluhan yang kerap dibilang sama mereka. Yaitu tepung panir yang ogah menempel pada makanan kamu.
5 Cara Supaya Tepung Panir Menempel Sempurna Ketika Dimasak
Hasilnya, makanan yang kamu harapkan menjadi gurih dan lezat, justru lapisannya 'botak'. Tepung panir gak menempel sempurna dan malah rontok di dalam minyak. Sebel gak? Kenapa sih tepung panir susah menempel? Cek apakah cara memasakmu sudah sesuai dengan anjuran di bawah.

1. Celup ke dalam kocokan telur

Kocok terlebih dahulu telur lalu gulingkan masakanmu ke dalamnya, terus baru deh masukkan ke dalam tepung panir. Fungsi kocokan telur ini seperti lem sehingga tepung panir akan menempel sempurna ke dalam masakanmu. Tepung panir akan merekat ke seluruh permukaan masakan, deh.

2. Siapkan adonan basah

Kalau gak punya persediaan telur, gunakan tepung versi basah. Campurkan sedikit tepung terigu, tepung beras, dan air lalu celupkan ke dalamnya. Baru, deh digulingkan ke dalam tepung panir. Kamu juga bisa menambahkan bumbu ke dalam adonan tepung basah ini. Menyesuaikan apakah kamu suka manis atau asin.

3. Gulingkan dengan saksama

Jangan malas saat menggulingkan ke dalam tepung panir. Jangan pelit juga. Gunakan tepung panir yang cukup biar gak ada bagian yang bolong. Saksama yang dimaksud di sini, kamu jangan buru-buru. Bila perlu sedikit tekan-tekan dan ulangi dua kali untuk memastikan tepung panir melekat dengan sempurna.

4. Masukkan ke dalam kulkas

Ini adalah versi santai dan gak terburu-buru. Misalnya kamu bikin bitterballen dan pengin menggorengnya besok. Jadi balurkan tepung panir ke seluruh permukaan makanan lalu simpan ke dalam kulkas. Beri waktu agar tepung menempel. Kalau kamu buru-buru gak disarankan pakai cara ini.

5. Gunakan minyak yang banyak

Sama dengan menggunakan tepungnya, jangan pelit. Pastikan minyak yang kamu gunakan cukup sehingga seluruh masakan yang kamu goreng terendam sempurna. Kalau masih ada yang nongol-nongol di permukaan wajan, jangan heran kalau tepungnya pada rontok.

Yuk, cobain cara di atas buat menggoreng dengan tepung panir. Plus tips tambahannya adalah, kamu jangan membolak-balik saat menggorengnya. Biar tepung panirnya melekat erat saat proses penggorengan.