8 Dessert Khas Hungaria Yang Menggugah Selera Makan - Prixducialis.com

Terbaru

Selasa, 14 Juli 2020

8 Dessert Khas Hungaria Yang Menggugah Selera Makan

Negara dengan ibu kota Budapest ini menyimpan banyak makanan yang lezat dan beragam. Makanan yang tak kalah menarik dan lezat dari Hungaria adalah dessert atau hidangan penutupnya. Terdiri dari berbagai campuran bahan yang menghasilkan cita rasa manis membuat hidangan penutup Hungaria disukai banyak orang, mulai dari wisatawan hingga warga lokal. Berikut adalah 8 dessert dari Hungaria yang menggugah selera makan.

1. Meggyleves

Hidangan penutup ini tersaji dalam bentuk sup dingin dan manis sedikit asam yang terbuat dari ceri dan juga krim dengan rasa asam. Meggyleves merupakan olahan makanan tradisional khas Hungaria di musim panas. Warna merah yang menggoda membuat tampilan sup ini makin menarik.

2. Kalacs

Kalacs adalah roti manis ala Hungaria yang terbuat dari tepung, mentega, telur, gula, ragi, dan juga susu. Makanan ini sangatlah populer di Hungaria, saking populernya setiap keluarga di Hungaria memiliki variasi resep tersendiri untuk membuat olahan kalacs. Kalacs biasanya dihidangkan ketika momen Paskah.

3. Makos begjli

Dessert kali ini berupa kue tradisional yang berbentuk rol dan terbuat dari biji poppy yang dicampurkan ke dalam adonan kue. Almond, kismis, dan madu bisa ditambahkan untuk membuat cita rasa makos begjli makin lezat. Biasanya kue ini disajikan dengan ditaburi gula halus untuk mempercantik tampilannya. Makin nikmat jika disajikan dengan teh atau kopi, kue ini biasanya juga tersaji untuk merayakan Natal dan libur musim dingin.

4. Samloi galuska

Samloi galuska jika diterjemahkan berarti pangsit somlo. Sebenarnya makanan penutup ini berupa kue yang terdiri dari beberapa lapis adonan dengan tekstur mirip spons dan juga krim yang ditaburi dengan kismis yang telah direndam dengan air anggur yang memiliki rasa manis ditambah topping krim lagi di atasnya. Memiliki tekstur empuk dan rasa yang manis membuat kue yang satu ini menjadi favorit orang Hungaria sepanjang masa.

5. Dobos torte
Dobos torte
Dobos torte dikenalkan pertama kali pada tahun 1885 oleh pembuat manisan dari Hungaria bernama Jozsef C. Dobos di event Budapest. Hidangan penutup berbentuk bundar yang terdiri dari lapisan kue dan lapis krim cokelat mentega. Agar tidak mengering, kue ini dilapisi dengan karamel cair dibagian atasnya.

6. Rigo jansci

Hidangan penutup kali ini mempunyai bentuk yang simpel, yaitu hanya terdiri dari beberapa lapisan adonan dengan isian krim cokelat yang lezat. Dilapisan atas kue ini biasanya ditambahkan dengan cokelat hitam yang sudah dicairkan. Rigo jansci disebut telah ditemukan oleh pemain biola terkenal bernama Gipsi Hongara pada pergantian abad ke-20.

7. Kremes

Cremeschnitte atau yang dalam bahasa Hungaria lebih populer dengan nama kremes yang berarti krim. Kremes terdiri dari dua lapisan puff pastry yang digabung menjadi satu dengan krim dengan jumlah yang banyak. Disajikan dengan dipotong berbentuk persegi panjang terlebih dahulu dan di atasnya ditaburi dengan gula halus. Kremes menjadi hidangan penutup yang populer di Hungaria. Tak sulit untuk menemukannya karena hampir di setiap toko kue di Hungaria menyajikan hidangan penutup yang satu ini.

8. Turo rudi

Olahan manis yang satu ini terbuat dari krim keju yang dengan lapisan cokelat dibagian luarnya. Turo rudi memiliki tekstur yang sedikit padat dari cokelat yang menutupi keju dan dibagian dalamnya terdapat krim keju yang lezat.

Sekarang ini, olahan turo rudi terdiri dari banyak varian isi, tidak hanya keju. Beberapa varian yang menjadi pengganti keju adalah stroberi, aprikot, dan raspberi. Turo rudi mudah dijumpai di mana saja, mulai dari toko kue hingga di bioskop.

Wah, beragam dan lezat ya dessert di atas. Tak hanya tampilannya yang menarik, tapi rasanya juga bikin ketagihan. Jadi pengin berlibur ke Hungaria, nih!

Halaman